Tokoh

Jokowi Persiapkan Labuan Bajo Untuk G20 & ASEAN Summit di 2023

Jokowi Persiapkan Labuan Bajo Untuk G20 & ASEAN Summit di 2023
Views

MATRANEWS.id — Setelah foto Presiden viral, saat tinjau kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo.

Presiden menyatakan, Indonesia menyiapkan untuk sejumlah agenda internasional. Pada 2023 Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN sekaligus Ketua G20.

“Kita ingin mempersiapkan Labuan Bajo ini untuk G20 di 2023 dan ASEAN Summit di 2023. Sehingga dalam rangka persiapan ke sana pun ini mulai direncanakan, disiapkan mulai dari sekarang,” ucap Presiden.

Pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dimulai awal tahun 2020 ini. Pasarnya adalah wisatawan yang pengeluarannya lebih besar dari pengunjung kebanyakan. Untuk itu, kerapian, kebersihan, kenyamanan, dan keamanan bagi para wisatawan perlu ditata lebih terintegrasi.

Lima zona di Labuan Bajo yaitu Bukit Pramuka, Kampung Air, pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, Kawasan Marina, dan Kampung Ujung harus jadi ruang publik yang tidak terputus sekaligus sebagai pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo.

Presiden Jokowi menegaskan, masyarakat lokal harus dilibatkan dan menjadi bagian dari pembangunan yang kita kerjakan.  Keahlian dan kompetensi mereka harus disesuaikan dengan kebutuhan industri pariwisata.

Termasuk, usaha mikro, kecil, dan menengah setempat tidak ditinggalkan. Tenun, kopi, kerajinan, makanan khas bisa tumbuh. Atraksi budaya lokal, kesenian daerah juga harus semakin hidup dan menghidupkan area di Labuan Bajo.

“Saya juga mendengar keluhan tentang sampah di laut, saya meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan gerakan pembersihan sampah. Sampah di darat juga begitu. Infrastruktur untuk pembuangan sampah harus segera diselesaikan,” Presiden menegaskan.

Jokowi Persiapkan Labuan Bajo Untuk G20 & ASEAN Summit di 2023 Jokowi Persiapkan Labuan Bajo Untuk G20 & ASEAN Summit di 2023

baca juga: Wartawan Kapalnya Terbalik

Jokowi Persiapkan Labuan Bajo Untuk G20 & ASEAN Summit di 2023Jokowi Persiapkan Labuan Bajo Untuk G20 & ASEAN Summit di 2023

 

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »