Ambon, Provinsi Maluku Diarahkan Menjadi Lumbung Ikan Nasional

Lokasi Pelabuhan Ambon berada di daerah pusat perdagangan, pemukiman, dan fasilitas umum lainnya. Pelabuhan baru di Ambon sangat dipelukan. Benarkah?

Saat membahas pembangunan Pelabuhan Yos Sudarso di Ambon, Maluku, Kamis (07-10-2021).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Maluku Murad Ismail.

Dalam kunjungan tersebut, Menko Luhut menyebutkan bahwa Kota Ambon membutuhkan “sentuhan-sentuhan” dari pusat. “Saya kesini untuk mendengarkan permasalahan dan menentukan langkah-langkah selanjutnya yang diambil karena Ambon membutuhkan dukungan pemerintah pusat,” tegasnya.

Baca Juga:

“Sepanjang itu dilakukan untuk kepentingan nasional, nggak ada conflict of interest, just do it. Nggak akan ada masalah. Kalau mau maju, kita harus ubah pola pikir dan mau kolaborasi,” ucap Menko Luhut ketika membuka rapat di Ambon.

Menurutnya, diperlukan kerja sama yang harmonis dan kolaboratif untuk Indonesia.

Pembangunan pelabuhan baru di Ambon dinilai sangat diperlukan, mengingat lokasi Pelabuhan Ambon berada di daerah pusat perdagangan, pemukiman, dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga:

Pelabuhan baru Ambon nantinya akan diintegrasikan dengan pusat kegiatan perikanan dan dirancang untuk mewujudkan Provinsi Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional (M-LIN). Program ini didorong agar dapat meningkatkan jumlah ekspor dan dalam jangka panjang memunculkan multipplier effect yang menyejahterakan masyarakat.

Majalah MATRA edisi Oktober 2021

Tinggalkan Balasan