Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

MATRANEWS.id — Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Pastikan bahwa aplikasi WhatsApp Anda sudah di-update ke versi paling baru. Untuk Android versi 2.22.23, sedangkan untuk iOS versi 22.23.74.

Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Buka aplikasi WhatsApp

– Pilih salah satu grup yang ingin dibuatkan polling

– Klik logo penjepit kertas (Attachment)

– Pilih ikon diagram yang bertuliskan “Poll”

– Tuliskan pertanyaan yang ingin diajukan beserta pilihan jawabannya.

– Klik ikon “Send” di bagian sisi kanan bawah

– Setelah polling terkirim dan ada peserta yang mulai memberikan jawaban, pembuat poll dapat mengetuk tulisan “View Votes”

– Di laman tersebut akan muncul rincian data dari siapa yang memilih jawaban yang disediakan beserta jumlah jawaban yang sudah dipilih

– Perlu diketahui bahwa jawaban yang dibuat harus terdiri minimal dua opsi dan maksimal 10 opsi

– Peserta dan pembuat poll sama-sama bisa memilih lebih dari satu jawaban; me-reply polling yang dibuat; memberi reaksi emoji (emoji reactions); hingga menarik jawaban yang sudah diberikan.

– Namun, pembuat poll tidak dapat mengubah polling tersebut, dengan menambahkan opsi jawaban baru. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus kembali membuat ulang polling-nya.


.
.
Adanya kehadiran fitur Poll di WhatsApp ini bisa dikatakan mempermudah dalam mengambil sebuah keputusan, serta menghemat waktu.

Bayangkan saja ketika dalam grup terdapat jumlah anggota yang mencapai puluhan hingga ratusan peserta, lalu mereka ingin menentukan sebuah keputusan dan harus melibatkan seluruh peserta.

Sebut saja ingin menentukan lokasi dari titik temu, jadwal pertemuan, menu makanan, tempat wisata yang ingin dikunjungi, pemilihan kostum, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, melalui fitur “Poll” seluruh pengguna dapat memiliih opsi jawaban yang langsung dan sistem akan mencatat seluruh jawaban yang dipilih oleh peserta lain.

Tinggalkan Balasan