Benarkah Manusia Umumnya Memiliki 3 Hingga 5 Teman Yang Sangat Dekat?

MATRANEWS.id — Benarkah manusia umumnya memiliki 3 hingga 5 teman yang sangat dekat?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Kualitas Lebih Penting Daripada Kuantitas dalam Persahabatan 

Menurut penelitian terkini, manusia umumnya memiliki 3 hingga 5 teman yang sangat dekat, 10 hingga 15 orang dalam lingkaran sosialnya, dan 100 hingga 150 kenalan di jejaring sosial.

Angka-angka ini dapat bervariasi berdasarkan kepribadian, karier, lokasi, dan keterampilan sosial seseorang.

Sebuah kesalahpahaman umum adalah bahwa kebahagiaan dapat ditemukan dengan memiliki banyak teman.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa bukanlah jumlah teman yang menentukan kebahagiaan sejati, melainkan kualitas hubungan tersebut.

Teman dekat dan teman “terbaik” memiliki dampak sosial yang jauh lebih signifikan daripada sekelompok relasi biasa.

Bahkan di kalangan selebriti, terdapat kebenaran bahwa memiliki banyak teman bukanlah kunci kebahagiaan. Misalnya, Oprah Winfrey, Selena Gomez, dan Matthew McConaughey, meskipun dikenal luas, hanya memiliki sekitar 3 teman dekat yang mereka anggap bisa diajak berbagi segala hal.

Data menunjukkan bahwa hampir separuh populasi Amerika melaporkan memiliki rata-rata 3 teman dekat, sementara sepertiga lainnya memiliki 4 hingga 9 teman dekat.

Sebagian kecil memiliki lebih dari 10 teman dekat (sekitar 13%), dan 12% melaporkan bahwa mereka tidak memiliki teman dekat sama sekali.

Antropolog Oxford, Robin Dunbar, bahkan menghitung bahwa manusia hanya dapat memelihara jaringan sosial terdiri dari 150 hingga 200 orang, dengan mayoritasnya adalah kenalan biasa.

Dalam lingkungan lebih dekat, sebagian besar orang memiliki kelompok kecil yang terdiri dari 15 teman yang dapat mereka andalkan, dan secara realistis memiliki lingkaran inti sekitar 5 teman dan anggota keluarga atau kurang.

Meskipun media sosial telah memperluas koneksi online, persahabatan sejati tampaknya sulit ditemukan saat ini.

Di Amerika, jumlah persahabatan dekat menurun seiring berjalannya waktu, dan memiliki sekelompok kenalan tingkat permukaan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan ikatan sosial kita.

Menjaga persahabatan yang erat dan berkualitas menjadi kunci penting untuk keterhubungan sosial yang sejati.

Dalam era di mana kita terhubung secara digital, penting untuk tidak kehilangan arti dari hubungan personal dan kehangatan persahabatan.

Meskipun jumlahnya mungkin bervariasi, memiliki teman-teman yang berkualitas dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan