EkonomiGaya HidupNasional

“BSSN Jangan Hanya Koordinator, Tapi Harus Lebih Punya Otoritas Menindak.”

1.58KViews
Konvergensi Majalah MATRA

MATRANEWS.id — Komunitas Keamanan Siber mendesak Badan Siber Sandi Negara (BSSN) jangan hanya sebagai kordinator saja.

Sejumlah komunitas dan asosiasi yang fokus dengan kajian keamanan siber mempertanyakan otoritas BSSN, dalam kaitan keamanan siber.

“Sepertinya, sekarang ini hanya sekedar pemadam kebakaran. Institusi BSSN tidak punya otoritas menindak,” ujar S.S Budi Rahardjo, dari Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) mengkritisi.

Budi Jojo menegaskan, perlunya BSSN memiliki otoritas full, sehingga kalau ada ancaman. Maka, BSSN bisa dengan cepat menangkap terkait dengan aktor.

Siapa aktornya, apakah berkaitan dengan motif persaingan antar negara, berkaitan dengan kepentingan nasional atau hal lain, yang berhubungan dengan geostrategi, geopolitik.

Pasalnya, dunia siber sangatlah luas, ancaman pun datang silih berganti.

Laporan dari banyak perusahaan keamanan siber di dunia, asosiasi industri, maupun organisasi antarpemerintah menyebutkan, serangan siber terus meningkat, baik secara frekuensi maupun intensitas.

“Seharusnya memang lebih baik jika punya kekuatan juga untuk menindak, sehingga geraknya lebih cepat,” demikian masukan Ardi Sutedja dari Indonesia Cyber Security Forum menimpali.

baca juga: Majalah MATRA cetak (print) terbaru

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »