IT, Tokoh  

Foto Anies Baswedan Sedang Uji Coba Sepeda di Jalan Tol Dalam Kota

Manipulated Content

[SALAH] “Foto Anies Baswedan Sedang Uji Coba Sepeda di Jalan Tol Dalam Kota”

Akun Facebook Mang mengunggah gambar (28/08/2020) yang memperlihatkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan sedang naik sepeda di jalan tol dengan narasi sebagai berikut: “Lagi uji coba sepeda di jalan TOL dalam kota….”

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim Anies Baswedan sedang uji coba sepeda di jalan tol dalam kota adalah klaim yang salah.

Gambar tersebut merupakan hasil suntingan/editan. Foto asli Anies Baswedan ditemukan pada unggahan akun resmi @aniesbaswedan yang diunggah pada 19 November 2019 ketika mengunjungi jembatan ketupat di kawasan Petojo, Jakarta Pusat.

Pada 11 Agustus 2020 lalu, Anies Baswedan mengajukan permohonan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memanfaatkan ruas jalan tol lingkar dalam bagi pesepeda road bike.

Akan tetapi, rencana mengenai kebijakan ini masih belum matang dan masih menunggu persetujuan dari Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dengan demikian, klaim Anies sedang Uji coba sepeda di jalan tol dalam kota termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi, karena telah melalui proses penyuntingan.

BACA JUGA: Majalah EKSEKUTIF edisi SEPTEMBER 2022

 

Tinggalkan Balasan