IT  

Ini Beda Antara ChatGPT vs. Bard

MATRANEWS.id — ChatGPT vs. Bard: Apa Bedanya? Tulisan yang di share dalam motivation daily bisa menjadi referensi kita.

 

Google Bard lebih baik dalam menjawab pertanyaan, tetapi ChatGPT mungkin lebih membantu untuk tugas sehari-hari.

ChatGPT dan Bard keduanya adalah chatbot yang didukung oleh kecerdasan buatan . Di permukaan, mereka sangat mirip dan dapat melakukan banyak tugas yang sama. Yang mengatakan, mereka masing-masing memiliki kekuatan mereka.

Meskipun ChatGPT lebih diarahkan pada produktivitas, Anda dapat menganggap Bard sebagai perpaduan antara mesin telusur dan asisten virtual . Bard lebih membantu jika Anda memiliki pertanyaan khusus, sedangkan ChatGPT lebih siap untuk menghasilkan ide dan konten.

Kedua chatbot mudah diakses dan digunakan serta sama cepatnya dalam menanggapi pertanyaan. Anda harus membuat akun Google untuk menggunakan Bard, tetapi itu hanya membutuhkan waktu beberapa menit jika Anda belum memilikinya. Dengan ChatGPT, Anda dapat menggunakan alamat email apa pun (termasuk email kantor Anda) untuk mendaftar dan segera memulai.

Manfaat paling signifikan dari Bard adalah menarik informasi real-time dari internet untuk tanggapannya. ChatGPT, di sisi lain, dilatih dengan kumpulan data terbatas yang belum diperbarui sejak 2021. Oleh karena itu, Bard memberikan jawaban yang lebih terkini untuk pertanyaan topikal.

Keuntungan lain dari Bard adalah Anda dapat melihat “konsep” atau variasi respons yang berbeda.

ChatGPT memberikan respons tunggal (dan seringkali lebih pendek) untuk kueri. Kedua chatbot mengandalkan sumber yang sama, termasuk Wikipedia, Perayapan Umum, dan artikel terkemuka dari web.

Bard lebih cenderung mengutip sumber dalam jawabannya, sedangkan ChatGPT biasanya menyatakan sesuatu sebagai fakta tanpa memberikan sumber.

Jika Anda ingin mengetahui cara melakukan sesuatu, Google Bard memberikan petunjuk yang lebih tepat. Bard juga lebih baik dalam meringkas konsep yang rumit, jadi jika Anda memiliki pertanyaan tentang sesuatu yang tidak Anda pahami, Bard umumnya akan memberi Anda jawaban yang lebih membantu.

Jika Anda ingin mengobrol ringan, Anda akan mendapatkan lebih banyak dari Bard daripada ChatGPT. Tanggapan Bard tampak lebih manusiawi, sedangkan ChatGPT semuanya bisnis.

Ketika ditanya apakah itu hidup, ChatGPT memberikan jawaban “tidak” yang pasti, sementara Bard mengatakan tidak yakin, mengutip perdebatan filosofis tentang arti “kesadaran”.

ChatGPT tampaknya lebih bijaksana mengenai pertanyaan etis yang rumit, memanfaatkan konsep filosofis untuk mencapai kesimpulannya.

Bard memberikan jawaban yang tidak jelas atas pertanyaan subyektif tentang etika dan moralitas.

ChatGPT cenderung berpegang pada fakta (sebelum 2021), namun Bard lebih komunikatif dan memberikan jawaban yang lebih mendalam. Tanggapan Bard biasanya diformat dengan lebih baik dan lebih mudah dibaca. ChatGPT terkadang menulis paragraf panjang dan tidak konsisten dalam pemformatannya.

Meskipun Bard dapat mempelajari fakta baru dari internet, ChatGPT belajar dari percakapan yang dilakukannya, jadi jangan katakan apa pun yang Anda tidak ingin dunia ketahui!

ChatGPT dan Bard bisa sangat membantu di tempat kerja. AI chatbots dapat melakukan tugas-tugas biasa seperti menyusun email, posting blog, posting media sosial, deskripsi produk, dan pengarahan hukum. Kedua chatbot memiliki kemampuan pengkodean, tetapi ChatGPT umumnya lebih baik dalam tugas kreatif. Bard lebih baik dalam meringkas transkrip pertemuan, kuliah, dan pidato.

Ada juga plug-in ChatGPT yang menambah fungsionalitas. Misalnya, plugin ChatGPt untuk Microsoft Teams dapat membuat jadwal, draf agenda, mengirim email pengingat, dan menjawab pertanyaan terkait proyek secara otomatis. Karena Bard terintegrasi dengan Akun Google Anda, Anda dapat menggunakan Bard untuk menulis email dan bahkan menggunakan Bard di Google Docs .

Bereksperimenlah dengan memberikan kedua chatbot pertanyaan yang sama untuk melihat perbedaan tanggapan, dan masih ada chatbot lain untuk dicoba, seperti Bing AI dan DuckAssist. #SEMANGATBUATAN

https://instagram.com/DMarketingC, https://www.facebook.com/groups/DMarketingC/

 

Tinggalkan Balasan