KASAL: Peran Strategis KOLINLAMIL dalam Meningkatkan Konektivitas Maritim

MATRANEWS.id — KASAL, KOLINLAMIL BERPERAN BESAR PADA PENGUATAN KONEKTIVITAS MARITIM

 

 

 

 

 

 

 

Hadirnya Kolinlamil memiliki makna strategis yaitu salah satunya membantu pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, serta perlindungan dan pengamanan laut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat memimpin upacara peringatan HUT Kolinlamil ke – 62 di Markas Besar Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (3/7).

 

HUT Kolinlamil yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2023 ini, diperingati dalam sebuah upacara parade militer, yang dihadiri oleh para mantan Panglima Kolinlamil, pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama, pejabat TNI dan Kepolisian serta Forkopimda wilayah Jakarta Utara.

Lebih lanjut Kasal mengatakan Kolinlamil sebagai Kotama operasi berhasil menyelenggarakan operasi angkutan laut militer dengan baik. Dan disisi lain, Kolinlamil berperan sebagai Kotama pembinaan, yang telah mengembangkan kemampuan sistem dan kesiapan operasional angkutan laut militer dengan efektif dan efisien.

Dalam kurun waktu enam dekade pengabdiannya, Kolinlamil secara konsisten mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tanggguh.

Hal ini telah dibuktikan melalui pembangunan kualitas sumber daya manusia pengawak KRI, pemeliharaan dan perbaikan kapal perang secara terencana, serta pengembangan teknologi dan strategi angkutan laut militer yang lebih baik. selain itu, Kolinlamil mampu menjalin kerja sama dengan para stakeholder maritim dalam membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan yang handal.

Dalam kesempatan itu pula, Kasal menegaskan dalam peringatan HUT ke-62 Kolinlamil ini, hendaknya tidak hanya sekedar melakukan kegiatan seremonial rutin belaka.

“Peringatan ini hendaknya menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana peran dan kiprah kita TNI AL dalam mengabdi kepada bangsa dan negara” ujar orang nomor satu di TNI AL ini.

Peringatan HUT Kolinlamil tahun ini mengangkat tema “Kolinlamil Kuat, Angkatan Laut Hebat, TNI Maju Bersama Rakyat, Indonesia Bangkit Lebih Cepat,” yang mengandung konsekuensi logis untuk diwujudkan.

Dengan membangun optimisme bahwa kolaborasi antara Kolinlamil sebagai bagian dari TNI Angkatan Laut dengan berbagai pihak lain merupakan kunci kesuksesan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pembangunan wilayah maritim dan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia negara maritim yang maju dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan