Ketika Anda Memahami Struktur dan Esensi Good Strategy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ide mendasar dari strategi adalah memberdayakan kekuatan dan potensi. Misalnya apabila Anda merupakan first mover dalam suatu bidang atau industri, Anda dan perusahaan memiliki potensi besar dalam skala dan cakupan, network effects, reputasi, paten, brand dan banyak lagi.

Buku “Good Strategy Bad Strategy: The Difference and Why It Matters” by Richard Rumelt.

Pimpinan organisasi yang lemah dalam good strategy, bisa jadi memandang strategi sebagai sesuatu yang kurang penting. Sebab lemahnya good strategy berhubungan dengan hadirnya bad strategy.

Pemimpin yang melakukan bad strategy tak hanya memilih tujuan yang salah, tetapi juga implementasi error.

Ini bisa muncul karena mereka keliru dalam cara pandangnya tentang apa itu strategi dan bagaimana strategi itu bekerja.

Ketika Anda memiliki tujuan yang saling bertentangan dan mengarahkan sumber daya untuk target yang tidak terhubung, bahkan mengakomodasi kepentingan yang tidak sesuai.

Ini berarti Anda sedang melakukan bad strategy. Sementara good strategy membutuhkan pemimpin yang mau dan mampu mengatakan tidak pada beragam tindakan.

Belajar dari pengalaman Steve Jobs, salah satu kekuatan strateginya berasal dari kemampuan menangani masalah fundamental secara langsung, lewat serangkaian tindakan yang fokus dan terkoordinasi.

Ia tidak menargetkan profit ataupun pendapatan yang ambisius, tapi merancang keseluruhan logika bisnis yang mengedepankan produk-produk yang mampu menyederhanakan kehidupan penggunanya.

Good strategy itu sederhana dan jelas, mampu mengidentifikasi tantangan utama yang harus diatasi. Bad strategy gagal mengidentifikasi karakteristik tantangan.

Good strategy adalah tentang bagaimana suatu organisasi akan bergerak maju dan melakukan tindakan. Bad strategy tidak memiliki tindakan untuk diambil, hanya rincian “implementasi” dan daftar “prioritas” yang tidak saling terhubung.

Ketika Anda memahami struktur dan esensi dari good strategy, Anda juga belajar membangun kemampuan untuk mendeteksi bad strategy.

Seorang pemimpin mungkin saja melakukan bad strategy karena keliru memandang strategi hanya sebagai goal setting, sementara strategi justru mampu menjadi problem-solving.

Good Strategy merupakan pendekatan yang mampu melipatgandakan efektivitas dari suatu tindakan, dengan menemukan dan mendayagunakan sumber kekuatan yang dimiliki.

Terdapat dua sumber kekuatan natural yang sangat penting:

1.Pertama, memiliki coherent strategy – sesuatu yang menghubungkan dan mengkoordinasikan kebijakan dan tindakan.

Good strategy tak hanya berasal dari kekuatan yang ada, tapi juga menciptakan kekuatan melalui kesinambungan dan konsistensi dari strategi yang dirancang. Banyak organisasi dan pemimpin tidak melakukan ini.

2.Sumber Kedua, yakni berasal dari insight menuju sumber kekuatan yang baru. Melihat sesuatu dari cara pandang yang berbeda dan perspektif yang baru.

Hal ini akan dapat membantu menciptakan peluang dan manfaat, sebagaimana juga memahami kelemahan dan tantangan yang mungkin muncul.

Formulasi good strategy pastilah koheren, mencakup tindakan yang terkoordinasi, kebijakan, dan sumber daya untuk mencapai tujuan akhir yang penting. Namun sayangnya banyak organisasi tidak memiliki ini.

Yang terjadi, mereka memiliki banyak tujuan dan inisiatif yang seakan menunjukkan progress, tapi tidak memiliki pendekatan yang berkesinambungan untuk mencapai progress tersebut.

Merancang strategi yang koheren dan saling menguatkan adalah langkah besar ke depan dalam menyusun good strategy. Para pemimpin harus melakukan ini dengan mengoordinasikan tindakan lintas departemen.

Bahkan dalam situasi tertentu, Anda dapat menemukan hidden power (kekuatan yang tersembunyi). Misalnya Anda menciptakan pola baru di tengah situasi kompetitif. Sebab strategi paling kuat seringkali lahir dari perubahan insights.

Good strategy merupakan urgensi besar dalam upaya Anda mencapai tujuan dan visi.

Good strategy sangat berperan penting dalam menyikapi setiap tantangan dan mengatasi masalah.

Semakin besar tantangan, semakin besar fokus Anda dalam membangun good strategy sebagai upaya problem-solving dan mencapai hasil yang baik.

#SEMANGATSTRATEGY

https://instagram.com/haryo_andraste_ardito

Tinggalkan Balasan