Selasa, Agustus 20, 2019
Hotline Kerjasama-Iklan 0816-1945288 eksekutifmatra@gmail.com
Matra DaratTokoh

Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga SSos (Dandim 0201/BS): “Kami Hanya Potongan Kertas….”

182Views

MATRANEWS.id — Mantan Kapendam l/BB ternyata demikian akrab dengan organik media massa. Tak hanya mudah dikonfirmasi perihal berita, tapi juga mampu berdiskusi soal “bijak” menggunakan Medsos.

“Sikapnya yang humble, tentara kekinian itulah, yang membuat teman-teman media suka kangen beliau,” ujar Ipah,  redaktur media massa di Jakarta  yang kordinator liputan jurnalis-jurnalis media nasional, memberi kesaksian.

Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga SSos secara resmi dilantik dan dipercayakan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah untuk memimpin Makodim 0201/Berdiri Sendiri (BS).

Pelantikan dan serah terima jabatan Dandim 0201/BS, telah digelar bersamaan dengan pelepasan lima perwira Kodam I/BB, Senin (5/8) di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Tak hanya Ipah di Jakarta yang mengenal tentara ini dengan baik, rekan-rekan jurnalis lain di wilayah Sumatera mengakui, Roy Hansen J Sinaga banyak membawa penyegaran, saat  menjabat Kapendam I/BB.

Meski hanya setahun menjabat, ia berhasil menjuarai karya tulis jurnalistik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2018 mengungguli seluruh Kapendam yang ada di Indonesia.

Selain itu, sejak jabatan Kapendam dipegang mantan Dandim 0203/Langkat ini, sinergi antara awak media dan Pendam I/BB semakin kental.

Perwira abituren Akademi Militer 1997 jebolan Lembah Tidar Magelang ini selalu menjadi pendamping setia Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, kemanapun tugas.

Seperti dalam kunjungan kerja Presiden RI Ir Joko Widodo dan kunker Panglima TNI di wilayah teritorial Kodam I/BB, Roy Hansen J Sinaga selalu ikut mendampingi Pangdam I/BB.

Maka, ketika mendapat promosi, jurnalis walau merasa kehilangan sosok yang akrab, mereka pada mendukung  Hansen J Sinaga dalam dunia militer, menjabat posisi strategis di Kota Medan.

Komandan Kodim 0201/BS

Tetap menjadi prajurit sejati, di manapun bertugas.  “Mutasi atau rotasi jabatan di lingkungan tugas adalah hal yang biasa dan bagian dari dinamika tugas,” ujar pria dengan tiga bunga di pundak ini,.

Tugas ini, lanjutnya, adalah amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. “Kami hanya potongan kertas, untuk melengkapi potongan-potongan kertas lainnya,” kata putra dari pasangan MD Sinaga dan Lusia br Tamba ini.

Ia menghabiskan masa sekolah dan remajanya di Kota Belawan, dan Kota Medan, Sumatera Utara. Memulai sekolah dasar di SDN 060966 Belawan (tamat 1988). Kemudian SMPN Labuhan Deli, Kampung Besar Labuhan Deli (tamat 1991), dan SMA RK Budi Murni–2 Jln Timor Medan (tamat 1994).

Selesai sekolah menengah atas, Roy Sinaga langsung mendaftarkan diri ke Akademi Militer Magelang (dulu masih bernama Akabri), dan dinyatakan lulus dengan pangkat Letnan Dua (Letda) pada 18 Desember 1997.

Sang Kolonel Siaran di Radio

Sejak saat itu, Roy Sinaga terus berkiprah dan meniti karir di dunia militer. Mulai dari mengikuti pendidikan Sussarcab Infanteri, Kibi AD dan Combat Intel di tahun 1988, penugasan Operasi Tim-Tim tahun 1999, Suspapen tahun 2001, dan penugasan Ops Lihkam Maluku tahun 2003.

Tak cukup sampai di situ, Roy Sinaga yang kala itu sudah menyandang pangkat Kapten, masih melanjutkan pendidikan ke Susdankipan di tahun 2004, dan penugasan Operasi Pamtas RI-RDTL tahun 2006.

Tak hanya pendidikan di bidang kemiliteran, seperti Selapa Infanteri tahun 2007, Seskoad tahun 2013, dan Suspaintelstrat Bais TNI tahun 2017 yang terus ditempuh Roy Sinaga.

Pendidikan di bidang umum juga tak ia lupakan. Setidaknya ini dibuktikan dengan titel S-1 dari STIA Cimahi, Jawa Barat yang disandangnya pada 2009.

Dengan beragam tugas, pendidikan dan penugasan yang pernah singgah dalam hidup dan karir militernya.

Sejumlah tanda jasa dari negara disandang, seperti Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya Lencana Dwijasista, dan Satya Lencana Dharma Nusa.

Di bidang militer, suami dari Ny Jacqueline, BSC ini memulai karir dari jabatan Pama Pussenif tahun 1997. Kemudian Dankipan A Yonif 744/SBY tahun 2003, Kemudian Gumil Gol VI Depjuang Secapa AD tahun 2007.

Pamen Secapa (Dik Sesko) tahun 2013, Kasmin Pangdam I/BB tahun 2013, Dandim 0203/Langkat tahun 2015, Waasintel Kasdam I/BB tahun 2016, dan Kapendam I/BB mulai 29 Juni 2018.

Sebelum menjadi Kapendam, pria kelahiran Jakarta 26 Mei 1976 itu sempat menjabat sebagai Dandim 0203/ Langkat dan berlanjut sebagai Wakil Asisten Intelijen Kasdam I/BB dengan pangkat Letnan Kolonel.

Kini, ayah dari Ruby Valeria dan Jade Emerald ini telah mendapat amanah dan kepercayaan baru dari pimpinan TNI AD. Jabatan Dandim 0201/BS yang mulai dipegang sejak 5 Agustus 2019.

Pria kelahiran Belawan itu selanjutnya minta dukungan penuh Wali Kota bersama unsur Forkopimda Kota Medan lainnya beserta seluruh lapisan masyarakat.

“Mohon arahan dan bimbingan dari semua. Saya berharap seluruh unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan dapat bekerjasama untuk menciptakan Kota Medan yang semakin kondusif,” ujar Dandim, yang ingin menjaga keamanan dan kekondusifan Medan sebagai “Rumah Kita”.

baca juga: majalah Matra edisi cetak terbaru — klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »