Satpol PP dan Linmas, Garda Terdepan di Masyarakat

MATRANEWS.id –Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Satlinmas tiap provinsi dan kabupaten terus bergerak, menghimbau masyarakat selalu menggunakan masker jika keluar rumah.

Selain itu masyarakat diajak untuk menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing).

Untuk di kota Mataram, patroli di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram. “Masyarakat memang antusias menyimak imbauan dan sosialisasi kami, namun mereka juga meminta bantuan masker,” terang Kepala Satuan Pol PP Provinsi NTB Drs Lalu Dirjaharta M.Si,

Sosialisasi pentingnya penggunaan masker dan beberapa prinsip utama dalam mencegah penularan virus corona tersebut direspon dengan positif oleh masyarakat.

Bengkulu

Tak hanya Satpol PP di Bengkulu atau Jakarta. Patroli pencegahan covid-19 juga dilakukan di seputaran wilayah Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara. “Ya, kami terus turun ke tempat-tempat keramaian seperti warung kopi atau pasar,” ujar Golda M Purba, Kepala Satpol PP Kalimantan Barat.

Sumatera Selatan bahkan Gubernurnya turun langsung ke media, memakai seragam Satpol PP. Demikian juga Yogyakarta di Bali, Samarida, Makasar dan Sulawesi, Jawa Barat hingga Mataram, Lombok. Satpol Papua Barat bahkan ikut mengatur penumpang di Bandara Rendani Mkwari.

 

Satpol Papua Barat
Sabangau
DI Yogyakarta

Sebagaimana diketahui pemerintah telah menjalankan program penggunaan masker untuk semua masyarakat mulai tanggal 5 April 2020 sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan masker di luar rumah sangat penting untuk mencegah risiko penyebaran virus corona melalui droplet. Masyarakat bisa menggunakan masker berbahan kain, sementara untuk tenaga kesehatan menggunakan masker medis atau N95. (LI)

“Sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO0) dalam mencegah penyebaran Covid-19. Semua harus menggunakan masker,” kata Dr H Arief M Edie, Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri.

Arief menyebut Satpol PP seluruh Indonesia bersama tim gabungan terdiri dari Personel Polri dan TNI sudah dan akan terus  melakukan penyuluhan agar masyarakat menggunakan masker.

“Menghimbau masyarakat agar memakai masker untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona tersebut,”jelas Arief menyebut satuan polisi Pamong Praja termasuk aparat yang all-out, membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah korban yang terdapak virus.

Jika kemarin dengan Alat Pelindung Diri (APD) seadanya, Satpol PP kadang bertugas tanpa masker terus bergerak. Kini, “Kami juga harus disiplin dengan masker, memberi pemahaman, agar masyarakat disiplin membatasi interaksi sosial atau social distancing.”

baca juga: majalah MATRA cetak– edisi terbaru — klik ini

baca juga: majalah eksekutif edisi cetak — klik ini

Tinggalkan Balasan