Komunitas

Etiket Menjamu Tamu Perusahaan Di Rumah

Etiket Menjamu Tamu Perusahaan Di Rumah

Etiket Menjamu Tamu Perusahaan Di Rumah

MATRANEWS.id — Di kantor, sering kali kita menerima tamu perusahaan dari luar kota atau luar negeri. Entah itu tamu dari supporting unit perusahaan kita, atau mitra bisnis yang sedang menjajaki kemungkinan untuk terus menjalin kerja sama.

Cara yang umum digunakan adalah menjamu mereka bersantap hidangan khas kota Anda, mengunjungi tempat-tempat hangout, atau main golf atau tenis untuk atasan Anda.

Makan siang, makan malam atau sekadar duduk dan berbincang di kedai kopi adalah sarana hangat yang dapat dimanfaatkan untuk mempererat hubungan bisnis.

Tamu kantor adalah seseorang atau kelompok yang datang ke sebuah perusahaan untuk kepentingan tertentu.

Dalam menerima tamu ada etika-etika yang harus kita ketahui, untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dil ingkungan kerja tersebut agar tamu merasa nyaman dan mempunyai kesan baik ketika melakukan kerjasama.

Pada prinsipnya semua karyawan harus dapat bertindak sebagai penerima tamu. Menjamu relasi tak cuma bisa dilakukan di kantor atau lobi hotel.

Rumah pun sangat strategis untuk kepentingan ini. Kesannya malah lebih akrab dan terbuka.

Menjamu tamu di rumah untuk sekadar ‘kumpul-kumpul’ atau bahkan berpesta, bisa menjadi alternatif yang lebih intim dibandingkan di hotel atau restoran.

Hal paling penting yang tak boleh luput dari perhatian, setelah tema dan dekorasi, adalah makanan dan minuman.

Makanan lezat sudah pasti menjadi syarat utama sebuah pesta. Karenanya, pilihlah set menu (appetizer, main course, dan dessert) yang sesuai dengan tema pesta dan cukup bervariasi agar bisa memenuhi selera semua tamu.

Berita Menarik :  Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka, Diklaim Milik Singapura. Ternyata?

Biasanya untuk pesta malam hari, Anda cukup menyajikan hidangan makan malam ringan yang bersifat one dish meal.

Kalau kebetulan Anda memiliki hobi memasak, inilah saatnya Anda menunjukkan kreasi terbaik di depan para tamu.

Untuk tamu di bawah 10 orang, silahkan memasak sendiri hidangan istimewa. Tapi kalau lebih dari itu dan waktu terbatas, silahkan memesan hidangan siap saji dari restoran favorit dan menambahkan makanan pelengkap buatan sendiri.

Saat ini sudah banyak katering khusus yang memiliki layanan untuk private party.

Untuk acara yang lebih santai, Anda juga boleh meminta kesediaan beberapa teman untuk membawa hidangan tertentu (atau dinamakan pesta potluck).

Tapi, sebaiknya kita yang menentukan jenis hidangannya agar tidak tumpang-tindih dan sesuai dengan tema pesta.

Sediakan juga beberapa jenis minuman mulai dari air putih, softdrink, atau wine untuk jamuan khusus.

Untuk pesta siang hari, akan lebih segar jika Anda juga menyediakan es krim, jus buah, minuman fruit cocktail dingin, atau asinan.

Sementara untuk sore dan malam hari, bisa ditambahkan dengan minuman hangat seperti teh dan kopi.

Mengundang relasi makan malam di rumah memiliki kesan yang berbeda ketimbang mengadakannya di hotel atau restoran. Kalau di rumah, kesannya lebih bersifat kekeluargaan.

Meski begitu, tentu tak semua jenis pesta bisa diadakan di rumah. Yang harus menjadi pertimbangan awal adalah layak atau tidaknya pesta diadakan di rumah.

Berita Menarik :  Pertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang Kebanjiran

Kalau sekadar menjamu relasi dari luar kota atau luar negeri, tak ada salahnya. Pun kalau Anda melakukan perayaan tertentu, seperti ulang tahun.

Tapi, melakukan deal bisnis rasanya tidak tepat di rumah, meski tak tertutup kemungkinan untuk hal itu.

#

  • Jika memungkinkan, tanyakan karakteristik dan selera tamu yang hadir, sehingga hidangan dan minuman yang disajikan tidak mubazir. Misalnya: apakah ada tamu yang vegetarian, alergi, atau berpantang bahan makanan tertentu.•Kalau ingin memasak sendiri, jangan mencoba resep baru pada saat menjelang pesta, karena jika gagal bisa mengganggu mood Anda dalam meng-entertain tamu.•Jika harus memesan hidangan siap saji dari restoran, pilihlah jenis makanan yang bisa dimodifikasi dan dihangatkan kembali di rumah.•Sajikan cemilan ringan agar tamu tidak terlalu kenyang sebelum menyantap main course.•Jika tamu membawa anak-anak, siapkan menu praktis dan tidak pedas, misalnya spaghetti, sosis, nugget, dan kentang goreng.

Etiket Menjamu Tamu Perusahaan Di RumahEtiket Menjamu Tamu Perusahaan Di Rumah

 

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi
Translate »