Menuju Transportasi Bersih dan Berkelanjutan: Kerjasama Indonesia dan Sunra Xinri

MATRANEWS.id — Menuju Transportasi Bersih dan Berkelanjutan: Kerjasama Indonesia dan Sunra Xinri

Haikou, 18-24 September 2023 – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Ir. Arifin Tasrif, memimpin delegasi Indonesia dalam menghadiri acara penting, China-ASEAN Clean Energy Week (CACEW), yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Haikou, China.

Momen ini merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan dalam sektor energi.

Pada tanggal 18 September 2023, pukul 11.00, Menteri ESDM Ir. Arifin Tasrif menerima audiensi di tengah agenda sibuknya. Menteri ESDM bahkan menyatakan, akan berkunjung ke pabrik motlis Sunra di Wuxi.

Turut mendampingi Menteri ESDM yaitu Konsul Jenderal RI Guangzhou, Ben Perkasa Drajat, Kepala Biro Perencanaan Kementerian ESDM, Chrisnawan Anditya, Kepala Biro Komunikasi dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, Direktur Pembinaan Usaha Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Havidh dan Sespri Menteri ESDM, Dayu Citra Seni

Chairman Sunra Xinri, Zhang Chongsun, dan Frank, Sales Director Sunra, bersama dengan mitra lokal, Ismeth Wibowo, hadir dalam pertemuan tersebut. Pertemuan ini tidak hanya bersejarah, tetapi juga membawa harapan besar bagi Indonesia.

Sunra Xinri memperkenalkan program “Trade-In” untuk program bantuan Pemerintah pada konversi motor listrik. MOU dilakukan antara BBSP KEBTKE Kementerian ESDM dan Sunra Xinri.

Program ini melibatkan penggantian sepeda motor berbahan bakar minyak dengan sepeda motor listrik berbasis baterai. Langkah ini sangat relevan dalam mendukung transisi Indonesia menuju transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, Sunra Xinri juga mengumumkan rencananya untuk mendirikan pabrik perakitan sepeda motor listrik di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, Jawa Tengah.

Pabrik ini diharapkan akan memulai operasinya pada awal tahun 2025 dengan kapasitas produksi sebanyak 1 juta unit motor listrik per tahun.

Keputusan ini merupakan tonggak penting dalam pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia. Selama pabrik baru dibangun, produksi akan dimulai pada fasilitas pabrik Sunra di Tangerang, dengan kapasitas 100 ribu unit per tahun.

Tindak lanjut dari pertemuan ini melibatkan Staf Khusus Menteri ESDM bidang Pengembangan Industri Sektor ESDM, Ir. Agus Tjahajana Wirakusumah, Kepala BBSP KEBTKE, Ir. Senda Hurmuzan Kanam, dan Kepala Bagian Umum, Dinar Maharani.

Mereka mengunjungi pabrik sepeda motor listrik Sunra di Kota Wuxi, China, pada tanggal 26 September 2023.

Kerjasama antara Indonesia dan Sunra Xinri ini merupakan langkah besar dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan dari transportasi berbahan bakar fosil.

Dengan program “Trade-In” dan pembangunan pabrik di Indonesia, kita dapat berharap melihat pertumbuhan signifikan dalam jumlah kendaraan listrik di jalan-jalan Indonesia, serta mengurangi emisi gas rumah kaca yang merugikan lingkungan kita.

Masa depan transportasi Indonesia tampaknya akan menjadi lebih hijau, bersih, dan berkelanjutan berkat kerjasama yang diumumkan dalam momen bersejarah ini.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat Indonesia mencapai target NZE (Net Zero Emissions) sebelum tahun 2060.

 

 

Tinggalkan Balasan