MOU Panglima TNI dan Kapolri Di Penghujung Upacara 5 Oktober 2023, Tentang Apa?

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bersama KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyaksikan langsung jalannya geladi bersih menjelang HUT ke-78 TNI pada, Kamis (5/10/2023).

MATRANEWS.id — Ada yang menarik selain acara parade dan defile HUT ke 78 TNI Tahun 2023. Yakni adanya tanda tangan MOU Panglima TNI dan Kapolri di Penghujung Upacara parade dan Defile 5 Oktober 2023. Tentang Apa?

“Tentang sinergitas dan integrasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kepolisian negara Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia,” jawab Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono, dalam momen gladi bersih upacara Parade dan Defile HUT TNI ke 78 di silang Monas Jakarta Pusat.

Julius menjelaskan, pelbagai kegiatan dilaksanakan dalam kaitan HUT TNI, antara lain giat Bakti Kesehatan di Monas sejak 24 September 2023 meliputi operasi katarak, sunatan massal dan donor darah. Juga ada Panglima TNI Run, MATRA Fair dari TNI AD, AL dan AU serta pembagian sembako kepada masyarakat.

Pada perayaan HUT ke-78 TNI tahun ini, bertemakan “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Dalam tema tersebut terkandung makna, bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia. “Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera,” masih penjelasan Kapuspen TNI.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bersama KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyaksikan langsung jalannya geladi bersih menjelang HUT ke-78 TNI pada, Kamis (5/10/2023).

Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayjen TNI Choirul Anam, menjabat Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad. Sementara pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY).

Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang) dan Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat) turut mendampingi. Sedangkan perwakilan penerima tanda kehormatan antara lain Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Aspotmar Kasal) dan Marsda TNI Andi Kustoro (Pangkoopsud II).

Kekuatan Pasukan Upacara Parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan defile Pasukan dan alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara diatas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023.

Demo udara akan diawali free fall sebanyak 78 personel TNI dan beberapa anggota Polri. Kemudian fly pass pesawat tempur, yang terdiri atas helikopter membawa bendera raksasa.

Akan ada fly pass gabungan dari tiga matra, yaitu darat, laut, dan udara dengan berbagai tipe pesawat yang dimiliki TNI.

Selain itu, tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.

Sebanyak 4.630 personel TNI dan 130 alutsista akan dikerahkan dalam perayaan tersebut.

Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI bakal diwarnai demo udara dari matra darat, laut dan udara. Demo ini melibatkan 91 pesawat dan 78 personel.

Pesawat tempatu F-16, TA 50i Golden Eagle sudah menghiasi langit Jakarta. Tak hanya itu akan ada atraksi dari Jupiter Aerobatic Team dan Dynamic Pegasus di HUT TNI. Ada pula pertunjukan drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, dan 1 Brigade Gabungan.

Berbagai alutsista milik TNI tampak terlihat di Silang Monas, Jakarta Pusat. Kendaraan tempur itu hadir untuk meramaikan gelaran HUT ke-78 TNI.

Acara gladi bersih sendiri diisi oleh demo udara diantaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan terjun bebas free fall sebanyak 78 personel.

Terjun bebas free fall berjalan sukses saat 78 personel TNI-Polri mendarat dengan sempurna di depan podium yang nantinya akan ditempati oleh Presiden Joko Widodo.

Setelah terjun bebas dilangsungkan, sebanyak 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara unjuk kebolehan di langit monas serta bermanuver.

Demo udara pun ditutup dengan manuver pesawat tempur F-16.

Langit sekitar Monas pun bergemuruh lantaran mesin pesawat F-16 melintas cukup dekat dan cepat. Gladi bersih pun ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel. Hingga di penghujung Upacara parade dan defile, ada momen menarik, yakni MOU Panglima TNI dan Kapolri.

https://www.beritasenator.com/berita-nasional/6410378773/geladi-bersih-upacara-parade-dan-defile-hut-ke-78-tni-tahun-2023-klik-ini

 

Tinggalkan Balasan