Proses Mengamati Apa Yang Terjadi di Lingkungan Anda

MATRANEWS.id — Einstein mengatakan “Jika saya diberi waktu satu jam untuk menyelamatkan planet ini, saya akan menghabiskan 59 menit untuk mendefinisikan masalah dan satu menit menyelesaikannya.”

Pemecahan masalah adalah inti dari evolusi manusia, sumber dari semua penemuan baru, evolusi sosial dan budaya, dan dasar ekonomi berbasis pasar.

Ini adalah dasar untuk perbaikan terus-menerus, komunikasi dan pembelajaran.

Pemecahan masalah adalah proses mengamati apa yang terjadi di lingkungan Anda; mengidentifikasi hal-hal yang dapat diubah atau diperbaiki; mendiagnosis mengapa keadaan saat ini seperti itu dan faktor serta kekuatan yang mempengaruhinya

Mengembangkan pendekatan dan alternatif untuk mempengaruhi perubahan; membuat keputusan tentang alternatif mana yang akan dipilih; mengambil tindakan untuk mengimplementasikan perubahan; dan mengamati dampak dari tindakan tersebut di lingkungan.

Setiap langkah dalam proses pemecahan masalah menggunakan keterampilan dan metode yang berkontribusi pada efektivitas keseluruhan dalam mempengaruhi perubahan dan menentukan tingkat kerumitan masalah yang dapat diatasi.

Manusia belajar bagaimana memecahkan masalah sederhana sejak usia sangat dini (belajar makan, membuat gerakan terkoordinasi dan berkomunikasi) – dan seiring berjalannya hidup, keterampilan pemecahan masalah disempurnakan, matang, dan menjadi lebih canggih (memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah yang lebih sulit).

Pemecahan masalah penting baik bagi individu maupun organisasi karena memungkinkan kita untuk melakukan kontrol atas lingkungan kita.

#SEMANGATSOLUSI

sumber: Haryo Andito (motivation daily)

BACA JUGA: majalah MATRA edisi Maret 2023, klik ini

Tinggalkan Balasan