Terungkap! Kunjungan Satuan Tempur Angkatan Laut Italia ke Indonesia: Strategi Besar Eropa untuk Indo-Pasifik!

Kehadiran satuan tempur ini adalah bagian dari strategi Eropa untuk kawasan ini, yang mencakup keamanan dan pertahanan,” tegas Latteri.

Terungkap! Kunjungan Satuan Tempur Angkatan Laut Italia ke Indonesia: Strategi Besar Eropa untuk Indo-Pasifik!
Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri berbicara dalam konferensi pers saat kunjungan Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia di Jakarta, Selasa (17/9/2024). (ANTARA/Cindy Frishanti)

MATRANEWS.ID – Duta Besar Italia untuk Indonesia, Benedetto Latteri, mengungkapkan bahwa kunjungan Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia ke Indonesia merupakan bagian integral dari strategi Eropa untuk kawasan Indo-Pasifik (17/9/24).

Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta pada Selasa, Dubes Latteri menjelaskan bahwa Indo-Pasifik semakin menjadi pusat perhatian Eropa, termasuk Italia.

Kehadiran satuan tempur ini, menurut Latteri, merupakan langkah strategis untuk memperkuat aspek keamanan dan pertahanan di kawasan tersebut.

“Indo-Pasifik kini semakin penting bagi Eropa dan Italia.

Kehadiran satuan tempur ini adalah bagian dari strategi Eropa untuk kawasan ini, yang mencakup keamanan dan pertahanan,” tegas Latteri.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Italia, Laksamana Giuseppe Berutti Bergotto, menambahkan bahwa membangun hubungan yang erat dengan negara-negara di Indo-Pasifik, terutama Indonesia, merupakan prioritas bagi Italia.

Bergotto menilai Indonesia sebagai titik acuan strategis di kawasan ini, yang berperan penting dalam implementasi Strategi Eropa untuk Indo-Pasifik.

“Indonesia adalah saksi penting dalam strategi ini. Dinamika pertahanan di Indo-Pasifik dapat memberikan dampak signifikan pada wilayah lain, termasuk Laut Mediterania,” kata Bergotto.

Ia menambahkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara militer di kawasan Indo-Pasifik dan Samudra Atlantik Utara melalui Laut Mediterania, yang menunjukkan betapa eratnya keterkaitan antara operasi militer di berbagai wilayah.

Bergotto juga menjelaskan bahwa laut memiliki peran penting tidak hanya dalam mengatur iklim dan menyediakan sumber pangan, tetapi juga sebagai jalur transportasi utama yang menopang fondasi sosial, budaya, dan ekonomi.

Baca juga :  Kasal Sambangi KBN Merauke, Tinjau Pemberdayakan Potensi Pesisir

Hal ini sangat relevan bagi Italia dan Indonesia, yang keduanya memiliki hubungan erat dengan laut.

Kunjungan Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia ke Jakarta pada 14-17 September 2024, membawa kapal induk “Cavour”, kapal fregat “Alpino”, dan kapal “Raimondo Montecuccoli”.

Kunjungan ini adalah bagian dari kampanye operasional pertama Italia di Indo-Pasifik sejak satuan tersebut dikerahkan pada Juni 2024.

“Ini adalah inisiatif strategis untuk meningkatkan kemampuan kami di kawasan ini.

Satuan Gugus Tempur ini adalah alat yang sangat fleksibel dan serbaguna untuk memproyeksikan pengaruh kekuatan Italia secara global,” ujar Bergotto.

Dengan kunjungan ini, Italia menunjukkan komitmennya untuk memperkuat kerjasama dan kehadiran militernya di kawasan Indo-Pasifik, serta memperkokoh hubungan strategis dengan Indonesia.

Tinggalkan Balasan