Kebangkrutan Silicon Valley Bank Mengguncang Sistem Keuangan Global

Daftar Perusahaan yang Terdampak Silicon Valley Bank Bangkrut!

Jatuhnya Silicon Valley Bank juga menyeret perusahaan-perusahaan lain yang berkaitan dengannya. Perusahaan di AS, Eropa, dan Asia Pacific jadi yang terdampak.

Perusahaan apa saja?Bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB) weekend lalu menjadi yang terbesar sejak krisis keuangan 2008.

Reuters mengatakan, kebangkrutan SVB mengguncang sistem keuangan global dan mendorong pihak regulator untuk turun tangan mengatasi dampak tersebut.

Bangkrutnya SVB juga menimbulkan ketakutan tersendiri pada kenaikan suku bunga yang dapat mengekspos kerentanan pada aspek ekonomi global.

SVB dikenal sebagai bank yang berfokus pada rintisan sehingga banyak perusahaan rintisan yang bergantung pada bank ini.

Perusahaan AS yang Terdampak SVB Bangkrut

1. Buzzfeed

Perusahaan yang bergerak di media digital dan didirikan tahun 2006 ini mengatakan bahwa mereka memiliki kurang lebih US$56 juta dalam bentuk tunai yang disimpan di SVB.

2. Roblox

Roblox adalah perusahaan game online. Mereka mengatakan pada 28 Februari bahwa sekiranya 5 persen dari saldo kas dan sekuritas senilai US$3 miliar, atau sekitar US$150 juta disimpan di SVB.

3. Astra Space INC

Astra Space INC adalah perusahaan yang berfokus dalam membuat roket. Mereka mengatakan mengatakan bahwa uang tunai disimpan di deposito dengan SVB.

Jumlahnya sekitar 15 persen dari uang tunai, setara kas, dan surat berharga perushaan saat ini, pada 10 Maret.

Perusahaan Eropa yang Terdampak SVB Bangkrut

1. Grup Farmasi NV

Pharming Group NV adalah perusahaan yang berfokus di biofarmasi. Ada setidaknya US$26 juta simpanan Pharming Group NV di SVB. Mereka berharap tidak menganggung kerugian pada simpanannya.

2. Diaseutika

Perusahaan ini berfokus pada teknologi dan solusi untuk industri farmasi. Mereka memiliki sebagian besar dari 22,2 juta pound dalam bentuk tunai di akun SVB.

Diaseutics telah mencoba memindahkan uangnya sebelum penutupan SVB tetapi transaksinya tertunda.

3. PLC Grup Trustpilot

Trustpilot Group PLCs adalah perusahaan Denmark yang menjalankan platform tinjauan global. Mereka menjadikan SVB UK sebagai mitra perbankan utamanya.

Ada sebanyak $36 juta yang disimpan di bank dan saat ini ada sebesarĀ  $18 juta yang sedang ditransfer SVB UK, tetapi masih menunggu konfirmasi.

  • BACA JUGA: majalah MATRA edisi maret 2023, klik ini

Tinggalkan Balasan