Kesatuan Melalui Alunan Jazz: Tema Sentral dalam Jakarta International BNI Java Jazz Edisi ke-19

Java Jazz Festival 2024

MATRANEWS.id – Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024, salah satu festival jazz paling bergengsi di Indonesia, kembali hadir untuk edisi ke-19 pada tanggal 24 – 26 Mei 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran.  Tahun ini, dengan tema Embracing Unity Through Music“, festival ini bertujuan untuk mendorong kebersamaan dan menyatukan berbagai kalangan melalui bahasa musik yang universal.

Dalam Konferensi Pers hari ini, Jakarta International BNI Java Jazz Festival mengumumkan lineup musisi yang akan tampil di 11 panggung yang tersebar di area festival. Nikmati beragam jenis musik dan kaleidoskop musik serta budaya saat para penampil dari Indonesia dan mancanegara menampilkan berbagai sisi perpaduan musik secara langsung di atas panggung.

“Kami, PT. Java Festival Production dengan bangga mengumumkan edisi ke-19 Jakarta International BNI Java Jazz Festival tahun ini. Dengan menghadirkan sebuah festival musik dengan perpaduan penampilan dari artis-artis terkemuka dan pendatang baru, ingin mewujudkan semangat musik yang harmonis.

Artis Indonesia dan mancanegara akan mendapatkan kesempatan untuk memberikan pertunjukan terbaik mereka di depan para penonton setia kami, yang ingin menyaksikan penampilan terbaik dari idola mereka atau menemukan musisi baru di acara ini.

Jajaran artis ataupun musisi dirancang untuk memikat semua kalangan, dengan pengunjung yang dapat memilih apa yang ingin mereka saksikan berdasarkan preferensi atau suasana hati.

Maka dari itu, kami memilih ‘Embracing Unity Through Music‘ sebagai tagline untuk menunjukkan bagaimana kami akan terus menggunakan ajang festival ini untuk mempromosikan persatuan dan kebersamaan,” ujar Dewi Gontha, Presiden Direktur PT. Java Festival Production. 

Akan hadir sebagai penampil utama dalam festival di 2024 ini adalah para legenda jazz dan berbagai musisi sensasional kontemporer, termasuk penyanyi-penulis lagu jazz Islandia peraih Grammy Award tahun 2024, Laufey, penyanyi bersuara merdu October London yang di tahun 2022 telah menandatangani kontrak dengan Death Row Records milik Snoop Dog, dan penabuh drum handal The Yussef Dayes Experience yang terkenal dengan gaya inovatif dan komposisi yang mendobrak berbagai genre musik.

Pemain terompet legendaris Randy Brecker akan tampil sebagai tamu spesial bersama Scatter The Atoms That Remain, grup yang dipimpin oleh drummer Franklin Kiermyer dengan pengarah musik Davis Whitfield yang menjanjikan perpaduan dinamis antara jazz, funk, dan hip-hop.

Musisi-musisi berbakat di dunia musik juga akan tampil di festival mendatang, termasuk penyanyi-penulis lagu serba bisa asal Australia, Rai Thistlethwayte, dan grup jazz asal Inggris yang sedang naik daun, Yakul.

Di antara musisi yang baru saja dikonfirmasi hari ini adalah adalah Eliane Elias, penyanyi sopran dan pianis Brasil peraih Grammy Award yang dikenal dengan penampilannya yang penuh energi dalam membawakan musik Brasil dan standar jazz, serta tekniknya yang sempurna.

92914 (dibaca: Gu i Gu iL Sa), duo asal Korea Selatan yang memainkan fusion jazz elektronik yang memikat dan akan tampil pertama kalinya di festival ini.

Kembalinya Incognito yang merilis album ke-19 terbaru mereka “Into You” pada tahun 2023 menjadi grup yang selalu dinanti-nantikan di acara tahunan ini. Juga akan tampil adalah penyanyi-penulis lagu multi platinum peraih penghargaan, Jessie Reyez.

Selain itu, bergabung juga di dalam lineup juga menampilkan penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat, Joyce Wrice, yang terkenal dengan lagu-lagunya yang powerful dan suaranya yang lembut.

Album debutnya masuk dalam daftar Album R&B Terbaik Tahun 2021 versi Rolling Stone. Grup funk Scary Pockets, yang terkenal dengan pertunjukan live yang ceria dan cover lagu-lagu terkenal dengan aransemen funk yang viral dan memiliki lebih dari 1 juta subscriber di channel YouTubenya, juga akan tampil.

Selain itu, gitaris handal Thiago Genthil, juga Leo Amuedo, yang terkenal dengan permainannya yang penuh ekspresi dan teknik yang sempurna akan berkolaborasi dengan musisi Indonesia dalam festival yang akan terus menghadirkan musisi-musisi dari dalam dan luar negeri ini.

Kualitas suara dinamis dari The Main Squeeze, musik jazz, funk, dan fusion R&B beroktan tinggi dari Kennedy Administration, serta lirik yang menyentuh hati dan vokal yang penuh emosi dari Ricky Montgomery, semuanya dinantikan oleh para penonton. Musisi peraih Grammy Award lainnya, Keyon Harrold juga akan memeriahkan festival ini, ia juga dikenal sebagai “future of trumpet“.

Yang tidak kalah mengejutkan adalah The Amy Winehouse Band yang akan tampil, mereka adalah band pengiring asli dari Amy Winehouse dan akan merayakan musik, kehidupan, dan peninggalan Amy di atas panggung Dari negara tetangga, Aisha Retno, penyanyi-penulis lagu muda dari Malaysia, yang juga berdarah Indonesia, akan memukau para penonton dengan penampilannya yang powerful. 

Nikmati pula kolaborasi unik para musisi dari berbagai genre dan latar belakang berkumpul di atas panggung, yang menyoroti kemampuan musik masing-masing untuk melampaui batasan-batasan seperti: Gary Anthony dengan Ron King Big Band, Paul Brown dengan Ron King Big Band. Juga akan tampil, Brian Bromberg with Michael Paulo Band. Brian Simpson juga akan memberikan pertunjukan jazz yang menggugah emosi bersama Rebecca Jade dan Darryl Walker.

Bahkan, dalam salah satu pertunjukannya, Rebecca Jade, penyanyi/penulis lagu handal ini dan Brian juga akan membawakan pertunjukan istimewa“The SadeTribute”

Dari alunan melodi yang memikat dari para penampil mancanegara hingga beragam talenta terbaik Indonesia, seperti Project Pop, ArumtaLa, Allan Andrsn & Key B, Ardhito Pramono, Arya Novanda, Bilal Indrajaya, Casté, Indro Hardjodikoro Feat. Indra Qadarsih, KIM (Arsy Widianto, Rachel Rae, Gusty Pratama), Mea Shahira & Mezzaluna, Nadhif Basalamah, Okaay, Rafi Sudirman, Rahmania Astrini, Rimaraay, Warna Reunited, KSP Band, Kurosuke, Adjani Feat Sri Hanuraga, Suara Kayu, Romantic Echoes, Ananda Badudu, IDGITAF, The Lantis, Teddy Adhitya, Dua Empat, Coldiac, Barry Likumahuwa & The Rhythm Service: “Salute The Rollies”, siap memikat para penonton dengan penampilan unik dan tentunya masih banyak lagi nama-nama yang akan diumumkan dalam waktu dekat. 

Jakarta International BNI Java Jazz Festival ke-19 sudah dekat, dan para sponsor merupakan bagian penting dari kesuksesan acara ini karena dukungan mereka terhadap kreativitas dan berbagai ekspresi kreatif serta memastikan para pengunjung dari seluruh dunia mendapatkan pengalaman terbaik dari acara ini.

“BNI selalu memberikan yang terbaik untuk nasabahnya. Dengan promo Buy 1 Get 2, nasabah bisa menghemat mulai Rp 850.000,- untuk pembelian Daily Pass BNI JJF 2024 di BNI Mobile Banking. Untuk setiap orang yang belum menjadi nasabah BNI, bisa mendapat benefit tambahan berupa cashback hingga Rp 100.000,- dengan membuka rekening secara digital di BNI Mobile Banking.

Jadi sebenarnya untuk nasabah baru bisa mendapatkan keuntungan sampai Rp 950.000,-. Terlebih lagi, selama event BNI JJF 2024 nanti, transaksi lebih nyaman secara cashless dengan TapCash, Kartu BNI dan QRIS BNI Mobile Banking untuk menikmati berbagai program promo spesial,” jelas Duardi Prihandiko, Marketing Communications Division Head BNI. 

Sedangkan menurut Devyana Tarigan, Vice General Manager PT Sinar Sosro, “Kami, PT Sinar Sosro berkolaborasi dengan Java Festival Production dan Greeners melaksanakan gerakan DAURI (Daur Untuk Negeri) melalui kontribusi aktif para pengunjung BNIJJF dengan menyetor kembali ‘kemasan minuman paska konsumsi’  ke booth sustainability Sosro yang tersedia didekat lounge Tehbotol Sosro.

Tujuannya agar kemasan minuman paska konsumsi ini dapat didaur ulang sehingga menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.  Kolaborasi ini adalah perpanjangan jangkauan Gerakan DAURI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan”

“Ini merupakan tahun ke-6 Balifiber sebagai official Internet Service Provider (ISP) partner Java Festival Production. Balifiber tidak hanya memberikan support layanan internet untuk operasional BNI Java Jazz Festival tetapi juga melengkapi kebutuhan free WiFi bagi seluruh pengunjung dengan aplikasi Molecool.

Harapan kami kolaborasi yang sudah terjalin selama ini dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholders. Semoga event yang selalu kita tunggu-tunggu ini dapat berjalan dengan lancar, sukses dan memberikan dampak yang positif bagi industri musik tanah air”, jelas Sulastri, Head of Marcom & Promotion Bali Fiber.

Tiket untuk Jakarta International BNI Java Jazz Festival juga sudah dapat dibeli dengan harga tiket harian Rp. 850.000,-, tiket terusan 3 hari Rp.1.975.00,- dan Laufey Special Show Rp.400.000,- di www.javajazzfestival.com. Ikuti media sosial resmi BNIJJF di Instagram, Facebook di (Java Jazz Festival), Twitter & TikTok di @JavaJazzFest untuk mendapatkan informasi terbaru.

Tentang Jakarta International Java Jazz Festival

Jakarta International Java Jazz Festival (JJF) merupakan salah satu festival musik jazz terbesar di dunia, dan dapat dikatakan terbesar di belahan bumi selatan, yang diadakan di Jakarta, Indonesia. Festival jazz tahunan ini selalu diadakan di awal bulan Maret sejak tahun 2005, namun mengalami perubahan jadwal pada tahun 2022 yang akan berpindah ke setiap akhir bulan Mei atau awal bulan Juni.

Tentang Java Festival Production

Java Festival Production adalah penyelenggara Jakarta International Java Jazz Festival, Java Rockin’Land, Java Soulnation, Hodgepodge Festival dan Melomaniac. Selain festival musik, Java Festival Production juga membawa nama-nama besar lainnya ke Indonesia seperti Jamiroquai, Diana Krall, Bruno Major dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan