Komunitas

Lewat Indonesia Psychological Outlook 2019, Himpsi Jaya  Ikut Berperan Dalam Menjaga Kesehatan Masyarakat.

Workshop trend psikologi di Indonesia dari perspektif praktisi,profesi dan akademisi yang di gelar di kantor Himpsi Jaya Fatmawati Jakarta Selatan. / Foto :Ist
249

Matranews.Id– Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jaya menggelar Indonesia Psychological Outlook 2019 di markas Himpsi Jaya di lantai 4 Kawasan Golden Plaza, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018).

Sejumlah anggota dari para psikolog ini berkumpul dengan tujuan untuk mengantisipasi perkembangan peran psikolog dalam masyarakat. Dan tahun 2019 peran psikolog di masyarakat di bedah oleh Himpsi secara terpadu.

Psikologi yang semakin dibutuhkan masyarakat saat ini direspon secara khusus untuk itu HIMPSI juga harus berperan dalam konteks kekinian.

“Peranan kami saat ini menjadi kesadaran tersediri. Kebutuhan publik akan jasa psikologi semakin meningkat, dan kami juga merespon apa yang terjadi dalam dunia serba teknologi ini,” ujar Ketua Umum Himpsi Jaya Widura Imam Mustopo .

Ketua Umum Himpsi Jaya Widura Imam Mustopo / Foto : Beng

Menurut Widura, hal ini  diberikan semacam arahan, terutama kepada anggota Himpsi, karena ini sebenarnya untuk psikologi, tapi komunitas dan masyarakat memang perlu tahu, lanjutnya.

Himpsi juga mempunyai pelayanan bencana, dengan begitu Himpsi ini tidak hanya berhubungan dengan perusahaan saja, tapi pihaknya juga penting untuk menjaga dan teraphy khusus pada kesehatan masyarakat. Sambil memberikan contoh bahwa bencana Lombok, Palu dan tragedi Lion Air di Kerawang Himpsi ikut memberikan bantuan Psikologi.

“Kami berperannya lebih pada angle social, selama ini peran psikolog ini sering dikatakan individual seperti konseling. Namun kedepan tidak hanya itu. Sudah trend global, kami juga sudah mengalami, yang kita layani ini bukan satu orang dua orang tapi masyarakat secara umum karena faktor bencana atau melihat karakter lainnya,” paparnya.

Himpsi juga tengah mengembangkan inovasi bernama Psychological First Aids. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa ikut.

Wakil Ketua Himpsi Jaya,R Chandra saat memberi penjelasan./Foto : Beng

Ditempat yang sama R Chandra mengatakan bahwa setiap orang bisa dapat psychological ini dan Himpsi akan berikan hal ini sesuai takarannya. “Kami bisa menjadi psychological untuk semua, tapi kami selalu sadar ada dibelakang layar. Karena ilmu psikological itu untuk memberikan pengarahan yang menuju karakter  manusia, makanya harus secara khusus dan ke masyarakat luas juga harus kami lakukan,” ujar Chandra disela sela acara menggelar Indonesia Psychological Outlook 2019 di bilangan Fatmawati Jakarta Selatan  .

Himpsi Jaya adalah sebuah organisasi yang  menjadi rujukan atas pelayanan,informasi, serta pemanfaatan ilmu dibidang psikologi terapan baik bagi para anggota Himpsi Jaya maupun lapisan masyarakat Indonesia khususnya wilayah DKI Jakarta.

 

Tentang  Himpsi Jaya

Himpunan Psikologi Indonesia wilayah DKI Jakarta Raya atau disingkat dengan HIMPSI JAYA, adalah bagian dari Himpunan Psikologi Indonesia atau HIMPSI. Merupakan organisasi profesi psikologi di Indonesia, didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1959 dengan nama Ikatan Sarjana Psikologi, disingkat ISPsi. Melalui Kongres Luar Biasa pada tahun 1998 di Jakarta, organisasi ini mengubah nama menjadi Himpunan Psikologi Indonesia, disingkat HIMPSI. Saat ini Himpsi telah memiliki 25 wilayah yang tersebar di sebagian besar provinsi seluruh Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari 11.500 orang.

Sesuai dengan wilayah pelayanannya, HIMPSI JAYA merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Psikolog, Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi) di seluruh DKI Jakarta dan wilayah sekitar yang terdekat. Anggota HIMPSI JAYA saat ini berjumlah lebih kurang 4000 orang, dengan anggota aktif kurang dari setengahnya.

Berdasarkan AD/ART HIMPSI, pengurus wilayah dipilih setiap 4 tahun, dengan pemilihan ketua dilaksanakan melalui Musyawarah Wilayah (Muswil). Dalam Muswil yang telah diselenggarkan pada 12 Desember 2015, telah terpilih Dr Widura Imam Mustopo, Psikolog, sebagai ketua HIMPSI JAYA untuk masa pelayanan 2016-2020. Selanjutnya Ketua terpilih memilih pengurus dan menetapkan susunan pengurus dalam masa kepengurusannya.

Sejak terpilih dan tersusunnya kepengurusan HIMPSI JAYA 2016-2020, pengurus telah bekerja keras meningkatkan layanan bagi anggota dan juga masyarakat.

Merumuskan kembali visi misi, menata peta strategi pelayanan dan program, menyelenggarakan rapat anggota dan acara-acara, melakukan pendekatan secara sistematik kepada anggota dengan latar-belakang minat dan aktivitas yang sangat beragam, termasuk mengadakan kantor Sekretariat yang baru.

Setiap Senin sore hingga malam, seluruh pengurus HIMPSI JAYA mengadakan rapat rutin untuk mengevaluasi, mengelaborasi gagasan, menyelesaikan masalah-masalah, memperbaiki sistem dan prosedur, mengembangkan program-program bagi anggota dan masyarakat, dan tentu saja juga meniupkan komitmen dan semangat pelayanan di antara pengurus sendiri, yang memberikan waktu, pikiran dan tenaga tanpa imbalan.

#Beng -Aem

Konvergensi Majalah MATRA
Beng Warna
the authorBeng Warna

Tinggalkan Balasan

Translate »