BudayaGaya hidup

Memahami Dress Code di Kartu Undangan

versi Majalah MATRA

88Views

MATRANEWS.id — Ketika menerima undangan, pasti yang langsung terpikir adalah pakaian apa yang mesti dikenakan. Pencantuman dress code di sudut undangan akan memudahkan orang yang diundang dalam menentukan pakaian yang akan dikenakan, tapi hanya jika ia tahu pakaian apa yang dimaksudkan.

Black Tie: Artinya formal. Pria mengenakan tuxedo (jas panjang di bagian belakang) dan wanita mengenakan gaun malam panjang pakaian malam lainnya.

White Tie: Berarti ultra formal. Pria mengenakan jas lengkap dengan dasi putih, rompi dan kemeja, sedangkan wanita mengenakan gaum malam panjang.

Formal: Umumnya sama dengan Black Tie, hanya lebih trendi. Misalnya kemeja hitam dengan tuxedo tanpa dasi dan wanitanya mengenakan pakaian malam, bisa gaun panjang atau pakaian malam yang terdiri dari paduan rok panjang/celana dengan blus.

Black Tie Optional/Invited: Anda bisa mengenakan tuxedo, bisa tidak, tapi ini merupakan tanda bahwa acaranya cukup formal. Jas lengkap warna gelap dan dasi merupakan pilihan lain jika Anda tak ingin mengenakan tuxedo. Wanita mengenakan pakaian malam.

Creative Black Tie: Anda bisa berkreasi dengan pakaian formal yang trendi. Pria bisa mengenakan tuxedo modern dengan kemeja tanpa dasi. Wanita bisa mengenakan rok atau gaun pendek, bisa juga pakaian malam.

Semi Formal:
Acara di sore atau malam hari bisa berarti jas lengkap warna gelap bagi pria dan gaun untuk wanita. Acara di pagi atau siang hari berarti setelan jas (bisa warna terang) bagi pria dan gaun pendek atau setelan bagi wanita.

Cocktail Attire: Ini berarti rok atau gaun pendek elegan untuk wanita dan setelan jas warna gelap bagi pria.

Dressy Casual: Biasanya serupa dengan business casual, artinya Anda diharapkan memakai pakaian bebas rapi tapi tidak mengenakan jeans atau celana pendek.

Casual: Berarti Anda boleh mengenakan apa saja.

Informal: Bisa berarti sama dengan casual. Akan tetapi jika acaranya berkaitan dengan memperingati sesuatu, misalnya ulangtahun perkawinan atau acara sosial tertentu, sebaiknya memakai pakaian yang rapi. Gaun pendek atau setelan rok dan blus bagi wanita dan kemeja batik atau kemeja biasa yang dimasukkan dalam celana bagi pria.

baca juga: Klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas