Ninja Xpress Menyandang Dua Sertifikasi ISO untuk Menerapkan Manajemen Mutu Internasional

Ninja Xpress Menyandang Dua Sertifikasi ISO untuk Menerapkan Manajemen Mutu Internasional
Dari kiri ke kanan_ Stephen Roy sebagai Chief of Strategy Officer Ninja Xpress dan Rista Damonty sebagai SVP of Business Process Excellence and Standardization Ninja Xpress

MATRANEWS.id – Ninja Xpress, perusahaan layanan pengiriman terkemuka di Indonesia yang berbasis teknologi, terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan menerapkan manajemen mutu berstandar internasional.

Upaya ini membuahkan hasil dengan diperolehnya dua sertifikasi penting, yaitu sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015 untuk jasa layanan manajemen mutu pergudangan, dan ISO 45001:2018 yang berkaitan dengan penerapan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) (17/5/23).

Prinsip manajemen mutu dalam ISO 9001:2015 meliputi tujuh area fokus, seperti customer focus, leadership, engagement of people, process approach, improvement, evidence based decision making, dan relationship management. Sementara itu, ISO 45001:2018 tidak hanya bertujuan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerja, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas kerja dan kenyamanan saat bekerja.

Dengan jangkauan layanan Ninja Xpress yang meliputi Aceh hingga Papua, menjaga dan meningkatkan kualitas layanan pengiriman tepat waktu sambil memperhatikan keamanan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal penting. Oleh karena itu, sertifikasi ISO diperlukan untuk memastikan bahwa layanan yang disediakan oleh Ninja Xpress memenuhi standar yang berlaku di Indonesia dan diakui secara internasional.

Kedua sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa Ninja Xpress memiliki sistem manajemen mutu internasional dan menerapkan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Sertifikasi ini menjadi bukti kemampuan Ninja Xpress dalam memberikan kualitas layanan terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan. Ninja Xpress akan terus meningkatkan pengetahuan karyawan agar dapat mengikuti dan memahami berbagai Standar Prosedur Operasional (SOP) dan standar kerja yang telah ditetapkan. Selain itu, Ninja Xpress juga akan meningkatkan infrastruktur terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta memastikan bahwa sistem manajemen mutu dan penerapan K3 berjalan sejalan.

Baca juga :  Optimalkan Keuangan dan Logistik UMKM dengan Ninja Biz

Rista Damonty, SVP of Business Process Excellence & Standardization Ninja Xpress, menjelaskan, “Bisnis kami yang terus berkembang membutuhkan standarisasi yang sama guna menjaga kualitas dan layanan Ninja Xpress di seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga ingin menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan meminimalkan risiko yang terkait dengan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Di masa depan, kami berharap dapat lebih mudah menjaga kualitas layanan dan memastikan keselamatan sumber daya manusia untuk menjaga produktivitas dan kepuasan pelanggan.”

Ninja Xpress berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 45001:2018 secara bersamaan pada Maret 2023. Untuk memperoleh kedua sertifikasi ISO tersebut, Ninja Xpress telah menjalankan serangkaian kegiatan audit dan sistem manajemen Ninja Xpress dinilai sesuai dengan lingkup sertifikasi. Selain itu, untuk memastikan kepatuhan terhadap standar tersebut, Ninja Xpress juga rutin melakukan audit internal.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, mengatakan, “Dengan komitmen untuk selalu siap mengantar hingga tujuan, Ninja Xpress tidak hanya memprioritaskan kepuasan pelanggan, tetapi juga melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan. Dengan perolehan dua sertifikasi ISO, kami berharap Ninja Xpress dapat terus mengembangkan bisnisnya untuk mencakup berbagai sektor.”

Penulis: M Idris DaulatEditor: M Idris Daulat

Tinggalkan Balasan