E-shopaholics: Kunci Utama Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia

Ninja Xpress dan Geopost telah merilis hasil riset

MATRANEWS.id – Hasil riset terbaru “Suara UKM Negeri Vol 3” yang dilakukan oleh Ninja Xpress dan Geopost mengungkapkan fakta menarik tentang tren belanja online di Indonesia. Dalam studi ini, ditemukan bahwa 43% total pembelian e-commerce di Indonesia berasal dari 14% pembeli yang rajin berbelanja online, yang dikenal sebagai e-shopaholics (10/07/23).

Riset ini melibatkan lebih dari 1.500 pembeli online dan wawancara mendalam dengan lebih dari 65 e-shopaholics untuk memahami perilaku dan kecenderungan pembelanja online di Tanah Air. Hasilnya menunjukkan bahwa e-shopaholics memiliki peran krusial dalam pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Pada tahun 2022, 86% pengguna internet di Asia Tenggara merupakan e-shoppers, dengan 74% dari mereka berada di Indonesia. Lebih menarik lagi, 14% e-shopaholics di Indonesia bertanggung jawab atas 43% total pembelian e-commerce, menunjukkan kontribusi signifikan dari kelompok pembeli yang rajin berbelanja online.

Para e-shopaholics ini umumnya merupakan pengguna awal belanja online di Indonesia. Sejarah belanja online dimulai pada tahun 1999 dengan pendirian Kaskus oleh Andrew Darwis, diikuti oleh hadirnya platform Bhinneka.com. Dalam dua dekade terakhir, e-commerce berkembang pesat di Indonesia dengan munculnya berbagai platform dan inovasi, termasuk kemudahan pembayaran digital dan program loyalitas. E-shopaholics menjadi ahli dalam menjelajahi ekosistem e-commerce dan memiliki standar yang tinggi dalam semua tahap pembelian.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menjelaskan bahwa riset “Suara UKM Negeri Vol 3” ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang e-shopaholics dan membantu mempersiapkan UKM Indonesia menghadapi masa depan e-commerce yang lebih maju.

Hasil riset ini juga mengungkapkan empat ciri khas e-shopaholics, yaitu pengaruh media sosial dan influencer dalam keputusan pembelian (impressionable), keterlibatan tinggi dalam riset produk dan membaca ulasan (invested), keahlian dalam menggunakan berbagai platform dan kategori produk (savvy), serta standar yang tinggi dalam setiap tahap pembelian (loyal).

Melalui riset ini, Ninja Xpress juga menegaskan komitmennya untuk mendukung bisnis UKM di Indonesia dengan solusi pengiriman tanpa kerumitan. Mereka menyediakan layanan creative business solutions, seperti foto dan video produk, endorsement, dan live selling di berbagai platform, serta alat manajemen pesanan online Sellercraft untuk memastikan bisnis UKM dapat terus berkembang.

Dengan adanya e-shopaholics yang aktif dan berkontribusi besar dalam e-commerce, diharapkan industri ini dapat terus tumbuh dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia. Klik di sini untuk mengakses laporan resmi selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Konvergensi Majalah MATRA | Trend Anda & Peristiwa mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release, content placement, dan iklan. Untuk kerja sama, hubungi: 0816-1945-288