Tjahjo Kumolo Pejabat Yang Merakyat

Tak Hanya Sekedar Nara Sumber, Tapi Sahabat

Tjahjo Kumolo Tak Hanya Sekedar Nara Sumber, Tapi Sahabat

MATRANEWS.id — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal membawa kedukaan mendalam bagi petinggi Asosiasi Media Digital Indonesia.

Almarhum Tjahjo Kumolo semasa hidupnya, bukan saja nara sumber dengan wacana dan informasi yang terbaik. Tapi juga merupakan sahabat.

Mengutip info Beritasenator.comyang ikut hadir diprosesi persemayaman almarhum di rumah dinas di Jalan Widya Chandra.

S.S Budi Rahardjo, bahkan sempat menjadi bagian dari penulisan buku esai foto Tjahjo Kumolo, saat beliau berkiprah di republik ini.

“Innalillahi wainnailaihi raji’un. Dengan hati berduka kami menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Tjahjo Kumolo,” ujar Asri Hadi, Pemred Indonews yang sudah semenjak di majalah HealthNews mengutip keseharian sang tokoh ini.

“Bapak Tjahjo Kumolo selama ini telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik,” ujar dosen senior Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini.

Sementara itu Ketua Umum AMDI yang juga sahabat dekat Tjahjo Kumolo, bahkan mengenal sisi-sisi humanis Tjahjo Kumolo mulai dari nongkrongnya.

Tulisan tak sekedar bicara politik tapi bisa ngobrol sembari nge-wine bareng, nyerutu hingga merawat keris dan kuliner favoritnya.

Ada sisi-sisi menarik, yang kemudian jadi buku tentang Tjahjo Kumolo, Konvergensi biografi.

Sosok yang legendaris karena menjadi anggota DPR RI selama enam periode; menjadi Sekjen PDI Perjuangan pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN RB.

SS Budi Rahardjo mengajak rakyat Indonesia mendoakan almarhum agar amalan dan pahalanya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Mari ita semua mendoakan, semoga Almarhum diterima di sisinya, karena beliau adalah sosok pengabdi rakyat,” ujar pria yang dikenal dengan nama Budi Jojo, yang merupakan Pemred Majalah MATRA dan Eksekutif ini.

SS Budi Rahardjo mengaku merasa kehilangan dengan meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Terakhir masih komunikasi di no WA 0811-899-899, pada 15/06 2022, hingga ada kabar beliau sakit. Sempat menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu

“Mas Tjahjo itu sejatinya orangnya atau didikan Taufik Kiemas, yang berdedikasi pada Ibu Megawati. Hidupnya penuh kontemplasi, jujur dan setia,” demikian Budi Jojo bersaksi.

Tinggalkan Balasan